4.5.13

CONTOH PROGRAM ACARA SIARAN “RADIO MENTARI FM”


PROGRAM ACARA SIARAN “RADIO MENTARI FM”


Nama Radio : MENTARI FM
Jargon : Pancarkan Semangatmu!
Sapaan Pendengar : Sinar Mentari
Nama Acara : Semangat Mentari
Format : Monolog, musik dangdut campuran (bebas), memberikan tips-tips seputar wanita dan kesehatan wanita, menerima atensi dan request lagu dari pendengar, kuis dari sponsor (khusus hari Sabtu).
Target Pendengar : Ibu Rumah Tangga dan Karyawati
Durasi : Daily, 60 menit yaitu 07.00-08.00 WIB (termasuk iklan)
Deskripsi : Sebuah mata acara yang mengulas suatu masalah kesehatan tentang perempuan. Dalam acara ini juga disajikan tips-tips kesehatan.

No. Waktu Acara Keterangan
1 07.00-07.02 Spot Opening Acara “Semangat Mentari”
- Kicauan burung
- A: Duh... rajin banget to Jeng, jam segini udah mau berangkat ngantor, cucian udah nongkrong di jemuran, halaman udah kinclong pula. Semangat banget sih...
- B: Yuhu... harus dong... selama mentari masih terbit dari timur, perempuan-perempuan perkasa nggak boleh males loh.
- A: Hem... Bagi dong rahasianya...
- B: Mau tahu?
- A: Ya, dong...
- B: Mau tahu aja apa mau tahu banget...?
- A: Mau tahu banget dong...
- B: Gampang... dengerin aja “Semangat Mentari” tiap jam tujuh sampai delapan pagi. Mau tahu caranya? Langsung aja cari channel 808.8 Mentari FM. Lagunya jos (penggalan lagu dangdut), boleh kirim-kirim salam (penggalan siaran), ada tips-tips kesehatan khusus wanita juga (Penggalan Siaran). Mantep to?
- A: Mantep be ge te! Mumpung belum jam delapan, aku juga mau dengerin ah...
- B: (Tertawa)
- Instrumen
- Saatnya Semangat Mentari. Dipancarkan langsung dari Mentari FM 808.8 Pancarkan Semangatmu!
- Instrumen
2 07.02-07.03 Opening Break Bumper (OBB)
Segmen I - Lagu Leyeh-leyeh (25 Detik)
- Lagu Leyeh-leyeh (Back Sound)
- OBB
- Semangat Mentari! Ser! Ser! Males No, Semangat Yes! Selama satu jam kedepan Puva Kirana bakal jadi parter apapun kesibukan Sinar Mentari. Nggak lupa juga, Puva bakalan ngasih kamu tips kesehatan reproduksi khusus perempuan pastinya ya.
- Oke deh, biar yang lagi nyuci, yang lagi nyapu, yang lagi masak, bahkan yang udah siap nenteng tas buat ngantor atau mau ke pasar, jadi tambah semangat, gabung aja disini. 0249581000. Formatnya jangan lupa ya, Males No! Semangat Yes! Spasi nama kamu spasi pesan kamu buat SMS, Males No! Semangat Yes! Sebut nama kamu dan pesan kamu buat telfon. Coment di facebook kami juga boleh, di Mentari FM Semarang. Twitter juga nggak masalah kok, @mentarifm_semarang. Oke, buat yang masih leyeh-leyeh, berhubung udah jam tujuh juga, yuk...pada bangun. Bangun...bangun...bangun...saatnya sinar mentari pancarkan semangat pagi. Yups, lagu pembuka enaknya yang seger aja kali ya, yuk mari “Yang Penting Happy”
3 07.03-07.08 Lagu Yang Penting Happy
4 07.08-07.12 Lagu Kembali Berdansa
5 07.12-07.14 Iklan (Sponsor) Pembalut Laurier
6 07.14-07.15 Iklan Iklan Pengobatan Tradisional, Iklan Toko Baju Muslimah
7 07.15-07.16 Spot Radio Mentari FM... Pancarkan Semangatmu!
8 07.16-07.19 Semangat Mentari
(Segmen II) - Lagu Minyak Wangi (25 Detik)
- Lagu Minyak Wangi (Backsound)
- A: Semangat Mentari. Males No! Semangat Yes! Udah ada Sinar Mentari yang gabung disini, Halo, Semangat Mentari...
- L: Males No! Semangat Yes. Luluk di Ngaliyan Mbak Puva.
- A: Oke. Salamnya buat siapa Luk?
- L: Pertama buat penyiarnya aja.
- A: Hoho... makasih yah..
- L: Terus buat suamiku Ardi, met kerja aja ya. Terus buat Gank Odong-odong, Titik, Atun, Kunet, Surip, Ardi, Topa, Yunet, Dika, Kila, Anjar, dan Dwi. Semangat Bro....
- A: Waduh... satu RT disebutin semua. Tak apalah. Request lagunya apa nih?
- L: Lagunya ngikut aja deh..
A: Oke... buat Luluk makasih ya. Yaps. Puva bacain yang SMS dulu ya, ada Opa di Tugu. Salam buat penggenggam melatiku, met aktivitas sayang... Suit-suit sapa ya penggenggam melatinya Opa..heheh. Oke lanjut. Ada Bu Endang di Pasar Jrakah. Jrakah macet total mbak bro. Gunakan jalur alternatif, lagunya Hakekat Cinta versi dangdut ya...makasih. Makasih infonya ya, tuh buat Sinar Mentari yang mau melewati Jrakah and nggak mau kejebak macet, gunain jalur alternatif. Lagunya ditunggu ya Buk. Selanjutnya ada Lia di kontrakan aja. Salam donk buat Mang Kardi. Ku tunggu bubur ayammu. Lapar Mang.. Lagunya apa aja asal yang ser..ser... Hehe, Puva satu porsi boleh tuh Lia. Ada Yuyun di dapur, capenya habis nyuci... aku galau tanpamu mbak laundry. Isfa di Tugu, salam buat anak-anakku. Yang rajin belajarnya ya... Nyuci emang paling mantab sambil dengerin Puva ngoceh... Hehehe.. Bu Isfa bisa aja ya... Oke. Jangan sampai ketinggalan Kuis Semangat Mentari. Kali ini hadiahnya lima bingkisan dari Laurier untuk lima pemenang. Nggak Tebel Nggak Ganggu... Nah, pengen tahu caranya bagaimana? Tetep di 808.8 Mentari FM.
9 07.19-07.23 Lagu Hakikat Cinta
10 07.23-07.24 Iklan Iklan Kecap. Iklan Sabun Cuci
11 07.24-07.26 Iklan Layanan Masyarakat - (Suara kaki berjalan dan suara sapu)
- A: Jeng, udah dapet daftar pemilih tetap Pil.Gub. 2013 belum? Pas nyoblos berangkat bareng ya...
- B: Tau ah Jeng, sibuk saya. Golput aja deh, buang-buang waktu aja.
- A: Eh... nggak boleh, jangan percayakan nasib kita lima tahun kedepan pada sembarang orang.

- Instrumen
- Saatnya Jawa Tengah memilih Gubernur dan Wakil Gubernur. Pastikan anda sudah terdaftar sebagai Pemilih Pil.Gub. Jateng, Datang dan Aspirasikan suara anda di TPS setempat. Jangan lupa, 26 Mei 2013. Tentukan nasib Jateng lima tahun kedepan mulai dari sekarang!
- Instrumen
12 07.26-07.28 Iklan (Sponsor) Pembalut Laurier
13 07.28-07.29 Kuis Semangat Mentari - Instrumen
- Kuis Semangat Mentari dimulai. Dapatkan clue-nya mulai dari, Sekarang!
- Instrumen
14 07.29-07.33 Semangat Mentari
(Segmen III) - Instrumen (15 Detik)
- Instrumen (Backsound)
- Perempuan adalah makhluk terindah yang pernah diciptakan Tuhan. Segala sesuatu yang dimiliki perempuan dan tak dimiliki lawan jenisnya yaitu lelaki, pastilah spsesial. Perempuan bisa hamil, bisa menyusui, bisa menstruasi juga. Bagaimanapun semaco-macony laki-laki, nggak bakalan deh, mereka bisa menstruasi. Iya nggak Sinar Mentari? Hehhee... spesial banget kan?
Nah, saat menstruasi, perempuan bakalan ngeluarin apa yang namanya darah kotor. Kalau kita nggak ati-ati njaga kebersihan organ kewanitaan, kok wanita lagi sih, organ keperempuanan, bakalan jadi masalah besar. Kok bisa? Iya dong... niatnya menstruasi kan ngeluarin darah kotor supaya rahim kita bersih, nah... kalau selama menstruasi bagian luar organ kewanitaan kita kotor, apalagi kalau makek pembalut yang tidak bersih, bakal dijadikan tempat perkembangbiakan bakteri-bakteri jahat yang bisa masuk ke dalam organ intim kita. Kalau bakteri itu udah masuk, bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan rahim atau saluran lainnya, sehingga bisa memicu tumbuhnya kanker dan penyakit-penyakit lainnya. Ngeri banget kan? Yups, jangan khawatir dulu. Menstruasi itu salah satu nikmat Tuhan juga, kalau kita memperlakukannya dengan benar, maka tak akan terjadi masalah apa-apa kok. Selain takdir, berarti semuanya tergantung diri kita sendiri. Nah, bagaimana sih cara menjaga kebersihan dan kesehatan kita saat menstruasi?
Yang pertama, pakailah sesuatu yang bisa menahan darah, tujuannya biar nggak bocor, nggak asik kan kalau si merah mengalir kemana-mana, ih...nggak baget, bahaya juga loh Sinar Mentari. Kalau di tempat kita, biasanya yang dipake adalah pembalut. Meskipun sekarang udah banyak banget varian dan modelnya, pakailah yang berbahan aman dan bentuknya sesuai kebutuhan kita. Jadi, baca dulu produk yang kita beli sebelum kita pake. Kalau para perempuan zaman dulu, mereka menggunakan potongan kain, ya kain apa aja... Nah, ini juga lebih aman Sinar Mentari, soalnya kain kan bukan bahan yang berbahaya. Tapi ingat, harus bersih juga pastinya.  
Yaps, masih ada tips yang kedua, ketiga, keempat, dan banyak lagi. Tapi setelah lagu berikut ini...
15 07.33-07.37 Lagu Lagu Tanjung Perak
16 07.37-07.39 Iklan Iklan Toko Furnitur dan Perabot, Iklan Salon Kecantikan
17 07.39-07.41 Iklan (Sponsor) Iklan Pembalut Laurier
18 07.41-07.42 Spot Radio Mentari FM... Pancarkan Sinarmu!
19 07.42-07.46 Semangat Mentari
(Segmen IV) - Instrumen (5 Detik)
- Ser..Ser... Semangat Mentari, Males No! Semangat Yes!
Ada Mbak Ekha di Mangkang. Selamat pagi semua... salam buat Bu Ida, Bu Harto, Bu Susi, Bu Basith, Bu Arini, dan yang lainnya. Yuk buk... senamnya dimulai, buat penyiarnya Semangat! Oke Buk. Puva Semangat selalu.  Selanjutnya Bu Agung di Pasar. Mau request lagu dong, Gambang Semarang ya. Salamnya buat suami yang lagi jadi abdi negara. Semangat Mas! Lina di rumah aja. Puva, sampaikan salamku buat arjunaku ya, Semangat... Neneng di depan rumah. Salam buat semua warga Perumahan Asri. Ada yang mau bantuin aku nyabutin rumput nggak? Lagunya apa aja yang ser..ser..

Oke. Tadi puva udah ngasih satu tips ya. Selanjutnya yang kedua, Sinar Mentari juga harus sering-sering ganti pembalut, apalagi pas hari-hari pertama, pasti keluarnya kan banyak tuh, selain biar nggak bocor, bahaya juga ngebiarin si merah lama-lama nongkrong disitu. Bisa menyebabkan gatal, alergi, dan ruam juga Sinar Mentari. Yah... kalau keluarnya udah mulai dikit, maksimal 8 jam lah ya. Itu udah pol  mentok nggak boleh lebih.
Ketiga, pakailah celana dalam yang bahannya bisa menjaga sirkulasi udara dengan baik. Kalau bisa sih bahannya katun dan sejenisnya. Dan ingat, jangan terlalu ketat dan jangan terlalu longgar, ntar mlorot malah bahaya... dan sering-sering ganti juga ya.
Masih ada yang keempat, usahakan tangan dalam keadaan bersih sebelum membersihkan organ intim. Kalau bisa gunakan air hangat setiap mbersihin organ intim kita, tujuannya biar suhu tetap terjaga dan sedikit merelaksasikan ketegangan otot-otot kewanitaan. Nggak perlu pakai bahan-bahan kimia sih, kalau memang kepentok makek, jangan sampai masuk ke dalam organ intim kita. Dan setelah cebok, selalu pastikan area itu dalam keadaan kering. Biar bakteri nggak ngontrak di pembalut. Ya, boleh pakai tisyu, handuk, atau apa aja, yang penting nggak menyebabkan iritasi.
Puva ingetin, semua clue kuis Semangat Mentari ada diobrolan tadi. Nantikan soalnya sesaat lagi dan pengumuman pemenangnya di akhir acara ya.  
Yups, tips selanjutnya, yang kelima, buat menjaga kebersihan lingkungan juga, setelah kita makek pembalut, ada baiknya cuci dahulu kotoran yang nempel disitu sebelum dibuang. Nggak lucu kan kalu ada yang liat si merahnya kamu...
Yang keenam, lebih ke kesehatan kita, banyak minum air putih, tapi jangan berlebihan, dan kalau bisa jangan dulu konsumsi es atau yang bersuhu ekstrim, nggak baik soalnya buat rahim. Dan jangan lupa banyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin, bisa buah atau sayur. Soalnya selama menstruasi biasanya ada beberapa saraf yang membikin tubuh kita agak down. Yah, biar tetep vit gitu lah ya.
Ketujuh, jaga emosi kita, usahakan stabil aja. Jangan terlalu down ataupun terlalu naik. Selain berpengaruh pada psikis, ntar saraf di sekitar rahim bisa tegang, terus biasanya kita merasakan sakit diseputar itu.
Okeh, sebelum Puva lanjut ser..ser... dulu yuk...    
20 07.46-07.50 Lagu Lagu Gambang Semarang
21 07.50-07.52 Iklan (Sponsor) Iklan Pembalut Laurier
22 07.52-07.53 Kuis Semangat Mentari - Instrumen
- Soal Kuis Semangat Mentari. Males No! Semangat Yes!
- Apa tips yang kelima dalam menjaga kesehatan dan kebersihan versi Mentari FM saat menstruasi?
- Instrumen
- Dipersembahkan oleh: Laurier. Nggak tebel. Nggak ganggu.
23 07.53-07.57 Closing Break Bumper (CBB)
(Segmen V) - Instrumen
- Yups. Itu tadi tips jaga kebersihan dan kesehatan selama menstruasi versi Mentari FM. Bisa juga kamu dapetin di Facebook dan Twitter kami, Mentari FM Semarang. Yak. Soal kuis Semangat Mentari hari ini juga udah nongol kan. Yuk... buruan dijawab. Caranya gampang banget. Tinggal ambil Handphone, langsung cap-cus telfon ke 0249581000. Terus sebutkan clue nya. Semangat Mentari. Males No! Semangat Yes! SMS juga boleh, Semangat Mentari. Males No! Semangat Yes! Pake tanda seru ya. Spasi nama kamu. Spasi jawaban. Nomernya sama.  Buat satu penelfon yang beruntung bakal dapet bingkisan dari Laurier, Nggak Tebel, Nggak Ganggu. Dan uang dua ratus ribu rupiah. Yang via sms nggak dapet duit ya, tapi bingkisan aja...
- Yuk... buruan. Langsung sabet dua ratus ribunya.
- Instrumen (tuuut....tuuttt..)
- Iya, udah ada yang telfon nih.
- A: Halo. Semangat Mentari!
- L: Males No! Semangat Yes!
- A: Yaps. Dengan siapa dimana nih?
- L: Dengan Yulia di Tanjung Sari.
- A: Yak, Yulia, jawabannya apa Yul?
- L: Buat menjaga kebersihan lingkungan, setelah kita makek pembalut, ada baiknya cuci dahulu kotoran yang nempel disitu sebelum dibuang.
- A: Yuhu... bener banget. Kok persis plek sih jawabannya?
- L: Iya dong, kan tak catet...hhhe
- A: Ih...bener... Yulia pinter ya. Oke. Selamat ya buat Yulia, kamu dapetin bingkisan dari Laurier*, Nggak Tebel Nggak Ganggu, dan uang tunai dua ratus ribu rupiah. Telfonnya jangan ditutup dulu ya. Buat konformasi penerimaan hadiah.

- Oke Sinar Mentari, Puva masih punya 4 bingkisan nih. Buat kamu yang tahu jawaban dari kuis Semangat Mentari hari ini, langsung aja kirim ke nomor kami. Sepuluh, sembilan, delapan, tujuh, enam, lima, empat, tiga, dua, satu... oke. Jawaban ditutup ya. Dan... inilah keempat pemenangnya... jreng-jreng-jreng... Nadia (089675665487), Zulfa (085887654332), Dian (087787112943), dan Ani (02156732146). Selamat ya... jangan lupa khusus buat keempat perempuan yang bersinar ini, ambil bingkisannya di studio kami, Jl. Unek-unek No. 88 Semarang. Jangan lupa bawa tanda pengenal dan HP juga. Maksimal minggu depan. Ok? Kalau nggak diambil, hangus otomatis. Buat Puva aja kali ya.
- CBB
Yuhu... Satu jam sudah Puva bareng sama Sinar Mentari, saatnya Puva pamit. Jangan takut, besok Puva bakalan balik di acara dan jam yang sama. Tapi, besok nggak ada kuis ya. Kuisnya tiap hari Sabtu doang. Oke deh, buat kamu, tetap semangat! Mentari FM. Pancarkan Sinarmu! Bye... Bye...
24 07.57-08.00 Lagu Hanoman Obong

*Semua produk yang ditampilkan
hanyalah penyesuaian dengan tema
dan contoh belaka tanpa maksud promosi.


signature

2 komentar:

safa atin mengatakan...

duh duh asyik deh.acaranya ok dan lucu

Nur Fatimah mengatakan...

hehe...Safa bisa aja...

Poskan Komentar

newer post older post Home